Minggu, 13 Oktober 2019

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia??

Hasil gambar untuk arsitektur komputer

Haiiii! Masih berhubungan dengan posting sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang definisi arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia… Tanpa perlu panjang-panjang mari langsung saja kita bahas tentang definisinya!

Mari kita mulai dari definisi arsitektur komputer...
Menurut Arif (2019), arsitektur Komputer merujuk pada atribut sistem yang visible untuk programmer atau, dengan kata lain atribu-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis suatu program. Contoh dari atribut meliputi set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai jenis data (missal: angka, karakter), mekanisme I/O (Input/Output), dan teknik untuk pengalamatan memori.
Kemudian menurut Munazilin (2017), arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribu-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.  
Lalu Suryadi (1994), menjelaskan bahwa arsitektur komputer adalah desain komputer yang meliputi set instruksi, komponen hardware dan organisasi atau susunan sistemnya.

Bagaimana dengan definisi struktur kognitif manusia?? Tenang, kita akan bahas dibawah ini..
Jadi menurut Lefudin (2017), struktur kognitif merupakan struktur organisasional yang ada dalam ingatan seseorang yang mengintegrasikan unsur-unsur pengetahuan yang terpisah-pisah kedalam suatu unit konseptual.
Lalu Mustapa (2018), juga menjelaskan struktur kognisi dalam teori kognitif adalah aktivitas mengetahui dan memahami sesuatu itu tidaklah berdiri sendiri. Aktivitas ini selalu dihubungkan dengan rencana yang disempurnakan oleh kognisi yang lain. Proses penjalinan dan tata hubungan diantara kognisi-kognisi ini membangun suatu struktur dan sistem. Naaah... struktur dan sistem inilah yang dinamakan dengan struktur kognisi manusia.
Abdulkarim (2008), juga mendefinisikan struktur kognitif sebagai keseluruhan pengetahuan yang dapat dijadikan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian. Sedangkan menurut Abdulkarim (2005), manusia sendiri secara kodrati merupakan makhluk monodualistis, artinya selain sebagai makhluk individu, manusia juga berperan sebagai makhluk sosial.

Baik, jadi itulah beberapa definisi dari arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat!

Daftar Pustaka:
Abdulkarim, A. (2005). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Abdulkarim, A. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Grafindo Media Pratama
Arif, F. (2019). Arsitektur & organisasi komputer. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Munazilin, A. (2017). Arsitektur komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Suryadi, H.S. (1994). Pengantar arsitektur komputer (seri diktat). Jakarta: Gunadarma.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar