Minggu, 20 Oktober 2019

Hubungan antara arsitektur komputer dan sistem kognitif manusia???


Hasil gambar untuk kaitan antara arsitek komputer dengan struktur kognitif manusia
Dalam posting sebelum ini, telah dijelaskan beberapa definisi dari arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa sih hubungannya antara arsitektur komputer dan sistem kognitif manusia…

Seperti yang sebelumnya, salah satu definisi arsitektur komputer telah dikemukakan oleh Suryadi (1994). Jadi menurut Suryadi, arsitektur komputer adalah desain computer yang meliputi set instruksi, komponen hardware, dan organisasi atau susunan sistemnya.

Arsitektur komputer memiliki 3 sub-kategori, yaitu:
·         Set instruksi (ISA)
·         Arsitektur mikro dari ISA
·         Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Lalu salah satu tokoh yang mengemukakan definisi struktur kognitif manusia adalah Lefudin (2017). Jadi menurut Lefudin struktur kognitif merupakan struktur organisasional yang ada dalam ingatan seseorang yang mengintegrasikan unsur-unsur pengetahuan yang terpisah-pisah kedalam suatu unit konseptual.

Lantas apa hubungan antara arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia???Mari kita bahas…

Jadi dapat kita lihat jika komputer dan kognisi manusia memiliki kesamaan yaitu dapat megelola informasi yang diberikan. Komputer dapat memproses informasi karena adanya instruksi yang diberikan oleh manusia. Naaah.. Kognisi manusialah yang dapat mengoperasikan komputer tersebut, maka hubungan keduanya cukuplah erat…

Kelebihan dan kekurangan?

Kelebihannya komputer bisa dengan cepat melakukan operasi matematikan dan logika, sedangkan di sisi lain manusia lebih unggul dalam membuat kesimpulan serta memiliki emosi. Komputer juga memiliki keterbatasan, seperti tidak bisa mengenali wajah maupun emosi seseorang. Tanpa ikut campur tangan manusia juga komputer tidak akan bisa menjalankan tugasnya.


Sumber:
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Suryadi, H.S. (1994). Pengantar arsitektur komputer (seri diktat). Jakarta: Gunadarma.
https://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar