Kamis, 25 Mei 2017

Bilangan Bulat dan Riil



Kita telah mengenal dan mempelajari Matematika sejak kita masih di taman kanak-kanak, bahkan ada juga yang telah diajarkan matematika ini sejak usia dini. Seperti yang telah kita ketahui, banyak sekali istilah bilangan pada Matematika, seperti bilangan bulat, bilangan riil, bilangan cacah, bilangan prima, bilangan rasional dan irrasional dan lain-lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan lebih berfokus untuk membahas bilangan bulat dan bilangan riil.
Lalu, apakah bilangan bulat dan bilangan riil itu??
Pertama-tama saya akan membahas bilangan bulat terlebih dahulu..
Sepertinya saya rasa hampir semua individu tahu apa yang dimaksud dengan bilangan bulat ini. Ya..bilangan bulat ini terdiri dari bilangan negatif (-1, -2, -3, -4, ....), bilangan nol (0) , dan bilangan positif (1, 2, 3, 4, ....). Bilangan bulat ini tidak terhingga karena sangat banyak jumlahnya.
Hasil gambar untuk bilangan bulat
Selanjutnya saya akan membahas tentang bilangan riil atau dapat juga ditulis dengan ‘real’, namun sebelum membahas bilangan riil ini saya akan menjelaskan sedikit terlebih dahulu tentang bilangan rasional dan irrasional.
Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan seperti ½, ¼,  ¾, dan lain-lain. Kedua angka haruslah bilangan bulat, bilangan rasional juga dapat merupakan bilangan bulat positif, negatif, maupun bilangan prima.
Sedangkan bilangan irrasional, yang merupakan kebalikan dari bilangan rasional adalah suatu bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, contohnya adalah . Bilangan riil ini juga kalau kita hitung nilainya tidak akan pernah habis.
Lalu apa hubungan bilangan rasional dan irrasional terhadap bilangan riil?? Jadi, bilangan riil merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan rasional dan irrasional, bilangan riil ini juga dapat dinyatakan dalam bentuk desimal, contohnya 0,123456789. Bilangan desimal ini hanya menggunakan 10 macam simbol, dimulai dari 0 sampai dengan 9 saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar