Selasa, 30 Mei 2017

Perkembangbiakan Seksual dan Aseksual


Hasil gambar untuk tumbuhan dan hewan

Salah satu ciri yang dimiliki makhluk hidup adalah berkembangbiak, lalu apakah perkembangbiakan itu???
Jadi pengertian perkembangbiakan itu sendiri adalah suatu kemampuan yang dimiliki individu untuk memiliki individu baru. Tujuan dari perkembangbiakan ini adalah untuk memiliki keturunan untuk melestarikan keluarganya. Perkembangbiakan sendiri dapat terjadi melalui 2 cara, yang pertama secara Seksual (generatif) dan yang kedua dapat disebut dengan Aseksual (vegetatif).
Disini saya akan menjelaskan tentang tentang perkembangbiakan secara seksual terlebih dahulu..
Perkembangiakan secara seksual adalah perkembangbiakan yang melibatkan alat reproduksi. Perkembangbiakan ini dapat berlaku untuk manusia, tumbuhan dan hewan. Dalam proses perkembangbiakan ini terjadi proses fertilisasi atau proses pembuahan diantara gamet jantan dan gamet betina.
Tumbuhan
Perkembangbiakan secara seksual pada tumbuhan terjadi melalui proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan proses jatuhnya serbuk sari (sel kelamin jantan) ke kepala putik (sel kelamin betina).
Menurut prosesnya, penyerbukan ini dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:
  • ·         Penyerbukan secara sendiri, pada proses ini serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu dengan sendirinya.
  • ·         Penyerbukan tetangga, pada proses ini serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga itu masih dalam satu pohon yang sama.
  • ·         Penyerbukan silang, dalam proses ini serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi pohon ini masihlah satu jenis pohon yang sama,
  • ·         Penyerbukan bastar, dalam proses ini serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili.

Hewan
Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk berkembangbiak. Hewan jantan akan menghasilkan sel kelamin jantan atau sperma, sedangkan hewan betina akan menghasilkan sel kelamin betina atau yang disebut dengan sel telur atau ovum. Dalam proses ini terjadi juga pembuahan. Pembuahan pada hewan adalah proses meleburnya sel jantan dengan sel betina. Berdasarkan tempat dari pertumbuhan janin, dalam hewan dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
  • ·         Hewan melahirkan (vivipar), contohnya; gajah, kucing, singa, kuda, kerbau, dll.
  • ·         Hewan bertelur (ovipar), contohnya; ayam, burung, ikan, penyu, ular, dll.
  • ·         Hewan bertelur-melahirkan (ovovivipar), contohnya; beberapa jenis ular dan ikan hiu.

Lalu selanjutnya, apakah perkembangbiakan secara Aseksual itu??
Perkembangbiakan secara aseksual merupakan perkembangbiakan yang terjadi dalam individu tanpa adanya proses penggabungan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
Tumbuhan
Dalam perkembangan aseksual atau vegetatif tumbuhan dapat terbagi menjadi 2, yaitu secara alami dan buatan. Perkembangbiakan vegetatif alami merupakan perkembangbiakan secara tidak kawin yang terjadi tanpa bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, antara lain:
  • ·         Umbi batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas. Contoh; kentang.
  • ·         Umbi lapis

Umbi lapis merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Pada bagian atas umbi lapis tumbuh daun, sedangkan pada bagian bawah umbi lapis terdiri dari cakram dan akar serabut. Contoh tumbuhan yang memiliki umbi lapis, antara lain bawang-bawangan.
  • ·         Umbi akar

Umbi akar adalah akar yang membesar berisi cadangan makanan. Lama kelamaan tumbuhan ini akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar, antara lain dahlia, wortel,  lobak, dan singkong.
  • ·         Akar tinggal

Akar tinggal adalah batang yang seluruhnya berada dan tubuh menjalar di permukaan tanah. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tinggal, antara lain kunyit, jahe, lengkuas, dan kencur.
  • ·         Geragih

Geragih atau stolon adalah batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Tumbuhan baru dimulai dengan kuncup ujung yang menyentuh tanah, kemudian membelok ke atas. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara geragih adalah antanan, arbei, rumput teki, dll.
  • ·         Tunas

·         Tunas tumbuh dari batang yang terdapat di dalam tanah. Tunas muda menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas, antara lain pisang, bambu, tebu, dll.
  • ·         Tunas adventif

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh tidak di ujung batang. Tunas ini tumbuh pada bagian daun dan akar.Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif adalah cocor bebek, sukun, cemara, dll.
Selanjutnya adalah perkembangbiakan secara vegetatif buatan. Perkembangan dengan cara ini merupakan perkembangbiakan secara tidak kawin namun dalam prosesnya terdapat campur tangan manusia. Macam-macam perkembangbiakan secara vegetatif buatan yaitu:
  • ·         Mencangkok

Mencangkok adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan induknya. Tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan dikotil atau biji berkeping dua, misalnya jeruk, jambu, mangga, rambutan,durian, dan sebagainya.
  • ·         Menempel (okulasi)

Okulasi atau menempel adalah menempelkan mata tunas dari dua tanaman yang sejenis, tetapi berbeda sifat misalnya mangga manalagi dengan mangga arum manis.
  • ·         Menyambung/mengenten

Menyambung atau mengenten adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul.
  • ·         Stek

Menyetek adalah memperbanyak tumbuhan dengan menancapkan atau menanam potongan-potongan batang tumbuhan induknya. Tumbuhan yang dapat distek antara lain ketela pohon, tebu, mawar, melati, dll.
  • ·         Merunduk

Merunduk adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara merundukan batang atau cabang ke tanah sehingga tumbuh akar. Tumbuhan yang biasa dikembangbiakan dengan cara merunduk contohnya alamanda, anyelir, apel, selada air, anggur dll.
Hewan
Perkembangbiakan aseksual biasanya terjadi pada hewan bersel satu, seperti amoeba, protozoa, paramecium, dan virus. Secara umum perkembangbiakan vegetatif pada hewan bersel satu dengan cara membelah diri. Hewan bersel satu dalam perkembangbiakannya dimulai dengan pembelahan inti sel menjadi dua bagian. Setelah itu dikuti dengan pembelahan cairan sel dan dinding sel. Akhirnya terbentuklah dua sel amoeba baru. Masing-masing sel hidup mandiri dan akan membelah diri lagi dan begitu seterusnya. Ada juga dengan cara Tunas. Dalam cara ini calon generasi baru muncul dari bagian samping tubuh. Kemudian seiring berjalannya waktu Lama calon tersebut membesar dan memisahkan diri dari induknya. Hewan-hewan yang dapat berkembang dengan cara ini antara lain adalah anemon laut dan hydra.


Sumber : Sularmi M.D. Jayanti. 2009. Sains Kelas 6. Pusat perbukuan departemen nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar