Kamis, 25 Mei 2017

Diagram Venn





Kita mungkin telah mengenal matematika sejak usia dini dan kali ini saya akan menjelaskan tentang Diagram Venn, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan diagram ini. Lalu apakah diagram venn itu??
Diagram Venn merupakan diagram yang menggunakan lingkaran atau bentuk lainnya untuk menunjukan antara dua buah himpunan. Himpunan sendiri merupakan kumpulan benda-benda yang real atau abstrak. Diagram Venn ini ditemukan oleh seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris yang bernama John Venn (1834-1923), ya namanya memang digunakan untuk menamakan diagram temuannya ini. Diagram Venn juga dapat menunjukan semua kemungkinan yang ada.

Dalam sebuah diagarm venn terdiri dari beberapa unsur. Jika melihat gambar diatas dapat diamati bahwa persegi yang berada diluar lingkaran dapat disebut dengan himpunan semesta, atau merupakan bagian yang menyatakan keseluruhan dari himpunan tersebut. Sementara itu lingkaran yang ada menjelaskan anggota dari himpunan masing masing.
Kemudian keadaan himpunan dalam diagram venn dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu :
Hasil gambar untuk diagram venn saling berpotongan
  • Kurva saling berpotongan
  • Kurva saling lepas
  • Kedua kurva sama
  • Salah satu kurva berada di dalam kurva yang lain, atau dapat dikatakan kurva tersebut merupakan himpunan bagian dari  himpunan yang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar