Minggu, 27 November 2016

Pandangan Hidup

Hasil gambar untuk pandangan hidup

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidupnya masing-masing. Pandangan Hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan sebagai pedoman, pegangan, arahan, dan petunjuk hidup seseorang. Pandangan hidup seseorang haruslah terus dipegan teguh hingga akhir hayatnya. Pandangan hidup ini bersifat kodrati karena dapat menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup yang selalu saya pegang teguh sejak dahulu adalah Kejujuran, jangan pernah mengganggu orang lain jika tidak ingin diganggu atau kata lain mencari masalah, dan berpikir sebelum bertindak. Saya akan membahas satu-persatu pandangan hidup saya tersebut.
Pandangan hidup saya yang pertama adalah kejujuran. Sejak dahulu orangtua saya selalu menanamkan bahwa kejujuran itu sangatlah penting. Tanpa kejujuran hidup seseorang akanlah hancur. Ya, karena sepintar-pintarnya seseorang menyimpan kebohongan pasti pada akhirnya kebohongan tersebut akan terbongkar. Dengan kejujuran kita akan menjadi seseoarang yang memiliki jiwa yang tenang. Tidak dengan seseorang yang terus-menerus berbohong, pastilah jiwanya tidak tenang. Oleh karena itu saya selalu berusaha jujur di setiap kesempatan karena kejujuran itu sangatlah penting.
Pandangan hidup saya yang kedua adalah jangan pernah mengganggu seseorang jika kita tidak ingin di ganggu oranglain. Pada dasarnya saya adalah seseorang yang sangat meminimalisir terjadinya sesuatu keributan, saya lebih menyukai kedamaian dimanapun saya berada. Jadi saya selalu berusaha untuk sekedar tidak menganggu, merugikan, maupun menyakiti orang lain. Karena saya merefleksikan diri saya sendiri sebagai seseorang yang suka kedamaian dan tidak suka jika oranglain mengganggu saya.
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, pandangan hidup saya yang terakhir adalah berpikir sebelum bertindak. Pandangan inilah yang menurut saya sangat penting. Banyak orang mengatakan bahwa terlalu banyak berpikir sebelum bertindak juga tidaklah baik, mereka beranggapan bahwa seseorang yang terlalu banyak berpikir sebelum melakukan sesuatu adalah seseorang yang tidak berani mengambil resiko. Pada faktanya saya adalah seseorang yang sangat berani mengambil resiko, namun dengan saya berpikir panjang resiko itu dapat saya minimalisir dengan sedemikian rupa. Saya tidak ingin apa yang saya lakukan itu dapat banyak merugikan diri saya atau bahkan sampai merugikan oranglain. Sebelum saya bertindak saya biasanya akan memikirkan plus dan minus dari perbuatan saya dan pada akhirnya saya akan mengambil sebuah keputusan dan siap menanggung plus atau minus dari tindakan itu sendiri.
Pada dasarnya pandangan semua orang berbeda-beda, mungkin ada juga yang sama namun berbeda dalam penerapannya. Kita sebagai manusia yang berakal budi haruslah menghargai perbedaan-perbedaan tersebut dengan bijak. Untuk diri saya sendiri dan semua orang yang telah memiliki pandangan hidupnya masing-masing kita haruslah terus memegang teguh pandangan hidup tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar